Home » Teknologi » BATAN Ikuti The 4 Indonesia EBTKE ConEx 2015

BATAN Ikuti The 4 Indonesia EBTKE ConEx 2015

Kamis, 20 Agustus 2015 10:24:21 - Dibaca : 695

BATAN Ikuti The 4 Indonesia EBTKE ConEx 2015

TRIBUNNEWS.COMBadan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengikuti acara The 4th Indonesia EBTKE ConEx 2015 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (19/8/2015) sampai Jumat (21/8/2015).

The 4th Indonesia EBTKE ConEx 2015 merupakan perhelatan besar nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi, yang bertujuan untuk mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang lebih besar.

Kegiatan ini akan fokus pada langkah nyata untuk percepatan pencapaian target pengembangan dan pemanfaatan EBTKE yang tercantum dalam Kebijakan Energi Nasional.

Menurut Kepala Bidang Diseminasi dari Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) BATAN, Heru Santosa, pihaknya sangat bangga mengikuti acara The 4th Indonesia EBTKE ConEx 2015 ini. Sebab, BATAN berkesempatan memperdalam hubungan dengan pihak-pihak lain untuk pengembangan teknologi nuklir di bidang energi, khususnya nuklir yang ramah lingkungan di Indonesia.

Salah satu pengembangan teknologi nuklir yang telah BATAN rencanakan adalah tapak-tapak untuk calon Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang tersebar di sejumlah daerah, seperti di Semenanjung Muria, Bangka Belitung, Batam, Banten, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

“Namun, khusus untuk Banten, ini masih dievaluasi. Daerah tersebut baru potensial jika dilihat dari hasil studi literatur, satelit dan sebagainya. Semua rencana itu perlu waktu tiga tahun,” ujar Heru.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, pihaknya hanya bisa menentukan tapak-tapak di daerah yang potensial untuk pembangunan PLTN. Soal pembangunannya sendiri, itu tergantung pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sumber :