Home » Hukum » Jaksa KPK: Sebagai Pakar Hukum Harusnya Kaligis Lebih Bijak

Jaksa KPK: Sebagai Pakar Hukum Harusnya Kaligis Lebih Bijak

Kamis, 27 Agustus 2015 17:16:43 - Dibaca : 1571

Jaksa KPK: Sebagai Pakar Hukum Harusnya Kaligis Lebih Bijak

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) menilai, sebagai advokat senior, terdakwa Otto Cornelis (OC) Kaligis harusnya lebih bijak dan taat menjalani proses hukum yang dilaluinya saat ini di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Sebagai orang yang tahu hukum mestinya jauh lebih lebih wise (bijak) menyikapi proserdur hukum. Semuanya menuju pencarian kebenaran," kata Jaksa Penuntut Umum dari KPK Yudi Kristiana kepada wartawan usai sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Dari catatan yang dihimpun, Kaligis tidak pernah sekali pun memberikan keterangan sebagai saksi maupun tersangka di hadapan penyidik KPK. Dirinya bahkan menolak menandatangani berita acara pemeriksaan, hingga berita acara pelimpahan berkasnya ke penuntutan dan pengadilan.

Saat itu, Kaligis beralasan ingin memberikan keterangan dalam persidangan, bukan di depan penyidik KPK. Namun, saat di pengadilan, sidang Kaligis dua kali ditunda oleh majelis hakim.

Namun sebagai jaksa, pihaknya mengaku tetap menghargai sikap tersebut.

"Kami kan mengakomodasi hak. Itu kan hak dari terdakwa. Kita melaksanakan penetapan hakim," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Hakim Ketua Sumpeno mengabulkan permohonan Kaligis agar diperiksa di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat. Sidang pembacaan dakwaan yang harusnya digelar Kamis (27/8/2015) akhirnya terpaksa ditunda.

Sumber :