Home » Hiburan » Wah Donald Trump Tinggal Jalankan Pembangunan Disneyland di Bogor

Wah Donald Trump Tinggal Jalankan Pembangunan Disneyland di Bogor

Jum`at, 11 September 2015 11:45:43 - Dibaca : 914

Wah Donald Trump Tinggal Jalankan Pembangunan Disneyland di Bogor

BOGOR- Mega proyek milik miliarder Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Hary Tanoe (HT) di Lido, Kecamatan Cigombong harus disorot. Dampak dan daya dukung terhadap lingkungan menjadi pertanyaan besar.

Masalah lingkungan menjadi super penting karena di kawasan itu nantinya akan dibangun komplek raksasa, dengan fasilitas tempat wisata setara Disneyland, di Amerika Serikat.

Pakar Tata Ruang Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pembangunan Wilayah Institut Pertanian Bogor (IPB), Ernan Rustandi, kepada Radar Bogor (grup JPNN), Selasa (8/9) menegaskan hal itu.

Mega proyek pembangunan resor mewah dan hotel serta pemukiman ini akan mencaplok sekitar 2.000 ha lahan meliputi 281,58 ha di kawasan Kabupaten Bogor dan sisanya 1.800 ha lagi di Sukabumi.

Terlepas dari itu semua, menurut Ernan, daya dukung lingkungan menjadi satu hal yang harus benar-benar dipertimbangkan MNC Group dan Donald Trump mulai dari sekarang. Daya dukung itu meliputi topografi, kemampuan lahan dan sumber daya air di kawasan ini.

“Berapa banyak air tanah yang akan disedot untuk kebutuhan kawasan ini, itu juga harus dikaji. Jangan sampai kemiringan lahan tidak dipertimbangkan. Kita tahu kawasan Sukabumi sekitar itu berbukit-bukit dan menyimpan potensi bencana alam. Itu menjadi faktor pembatas yang harus dipertimbangkan,” jelasnya.

Dari penelusuran Radar Bogor, PT MNC Group telah mengakuisisi lahan seluas 2.000 hektare di Lido dari grup Bakrie. Dari luasan tanah tersebut, mereka berencana membangun sebuah kawasan wisata terintegrasi lengkap dengan hunian.

Megaproyek tersebut segera direalisasikan karena HT telah mendapatkan izin dari Pemkab Bogor. Jika tidak ada aral, pengerjaan 'Disneyland' Bogor akan berlangsung berbarengan dengan proyek tol Bogor-Sukabumi (Bocimi). (ral/nal/dkk/jpnn)