Home » Ekonomi » Hatta: Pak CT Paling Pas Gantikan Saya

Hatta: Pak CT Paling Pas Gantikan Saya

Jum`at, 16 Mei 2014 15:48:40 - Dibaca : 1093

Hatta: Pak CT Paling Pas Gantikan Saya

Jakarta - Mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menilai bahwa Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung yang akrab disapa CT adalah figur yang paling pas menempati posisi yang ditinggalkannya di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Hatta, pada Selasa (13/5) mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menko Perekonomian untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres), pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014.

"Pak CT, saya kira pas dengan saya. Cukup dekat selama ini. Dalam soal Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) tidak perlu diragukan karena dia salah satu dari Tim Komite Ekonomi," kata Hatta di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/5).

Dia mengatakan, CT yang selama ini dikenal sebagai bos CT Corp telah lama terlibat dalam urusan pemerintahan. Selain sebagai Ketua KEN, CT juga terlibat aktif mendesain MP3EI. "Jadi tidak ada sesuatu yang perlu belajar lagi," kata dia.

Pada kesempatan itu, Hatta berpesan kepada CT untuk menjaga empat hal pokok bagi kelangsungan roda pembangunan ekonomi nasional.

Pertama yaitu menjaga sustainability dan credibility fiskal. Kedua, menjaga momentum pertumbuhan jangan sampai drop karena Indonesia memerlukan employment dan sumber-sumber pertumbuhan.

Ketiga, menjaga konsumsi karena berkaitan dengan inflasi dan hal yang berkaitan dengan investasi. "Itu penting, sebab investasi sumber pertumbuhan yang tinggi," katanya.

Keempat adalah meningkatkan ekspor. "Jika ekspor kita meningkat maka dapat mengurangi defisit,"kata Hatta.

Sumber :