Home » TNI » Amankan Asian Games, Menko Puan libatkan Polri, TNI, hingga BIN

Amankan Asian Games, Menko Puan libatkan Polri, TNI, hingga BIN

Senin, 14 Mei 2018 21:15:31 - Dibaca : 86

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Puan Maharani menyatakan, akan berkoordinasi dengan TNI, Polri dan BIN untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama pelaksanaan Asian Games 2019 yang akan berlangsung Agustus mendatang. BERITA TERKAIT

"Terkait antisipasi pelaksanaan Asian Games, tentu saja kami akan berkoordinasi dengan TNI, Polri dan juga BIN," ujar Puan, di komplek Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (14/5/2018).

Menurut dia, perhelatan Asian Games merupakan kegiatan seluruh bangsa Indonesia. Karenanya, politikus PDIP itu pun mengimbau seluruh rakyat Indonesia untuk bisa menyukseskan perhelatan yang dimulai tanggal 18 Agustus 2018 mendatang. "Saya mengimbau seluruh rakyat Indonesia, mari kita tetap sukseskan pelaksanaan Asian Games tahun 2018," ucapnya.

Puan berharap, di tengah situasi Indonesia yang berturut-turut diuji dengan tindakan terorisme ini, kegiatan Asian Games nantinya dapat tetap berjalan sesuai yang diharapkan dan direncanakan.

Dia juga mengutuk tindakan terorisme di Indonesia saat ini. Menurutnya tindakan itu merobek toleransi dan kebhinekaan Indonesia. Meskipun begitu, Puan tetap yakin, Indonesia dapat melawan teroris yang tengah merongrong di bumi pertiwi ini.

"Jadi seluruh rakyat Indonesia harus bersatu padu untuk bisa melawan apa yang terjadi di muka bumi Indonesia ini. Dan saya yakin Insya Allah kita semua bisa bersama-sama kemudian melawan yang ada di Indonesia," kata dia.

Optimistis venue rampung akhir Juni

Dalam kunjungannya ke pembangunan beberapa venue cabang olah raga Puan yang didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yakin semua persiapan akan selesai akhir bulan Juni.

"Semuanya akan selesai insya Allah pada akhir bulan Juni tahun ini dan kita juga sudah berkomitmen semuanya akan terselesaikan," ucap Puan.

Dengan sisa waktu sekitar 40 hari yang tersisa, Puan yakin pembangunan semua venue dapat dirampungkan, termasuk Wisma atlet dan shooting range. "Kemudian voli pantai juga tempat olahraga dayung dan lain-lain, semuanya sudah dalam proses. Tentu saja insya Allah akan menyelesaikan semua hal yang harus diselesaikan pada akhir bulan Juni," kata dia.

Selain itu, di tengah kondisi Indonesia yang banyak terjadi tindakan terorisme, Puan pun meyakinkan publik bahwa kegiatan Asian Games nantinya tetap dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tak lupa, dia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama memanjatkan doanya.

"Insya Allah tidak ada apa-apa, kita semua ikut berdoa dan menjaga bahwa pelaksanaan Asian Games akan seperti yang kita harapkan dan tidak akan terjadi apa-apa, Amin," ujarnya.

Puan meninjau sejumlah venue olahraga untuk Asian Games di Kompleks Jakabaring yakni Bowling Center, arena menembak baik outdoor maupun indoor, dayung dan juga wisma atlet.

Secara keseluruhan, venue-venue yang dikunjungi Puan, telah 70-80 persen rampung. Kedatangan Puan hari ini didampingi oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin Sekjen INASGOC Eris Heryanto, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo, sejumlah anggota DPR, dan jajaran SKPD Provinsi Sumsel.

Reporter: Yunizafira Putri
Sumber: Liputan6.com [bal]

Maraknya teror bom, Menpora optimis Asian Games dan Asian Para Games berjalan lancar Bos Bappenas tak ingin Asian Games 2018 bawa kemerosotan ekonomi pada Indonesia Anies yakin teror bom tak ganggu persiapan Asian Games Erick Thohir: Ledakan bom Surabaya tak ganggu sponsor Asian Games 2018
Polisi berkuda hingga TNI amankan Parade Asian Games 2018 Pengeluaran langsung saat Asian Games 2018 diprediksi capai Rp 3,6 triliun Bos Bappenas beberkan keuntungan Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018 Dijaga aparat bersenjata AK-47, warga antusias saksikan Parade Asian Games 2018

Topik berita Terkait:
  1. Asian Games 2018
  2. Palembang

Berikan Komentar

Komentar Pembaca

Sumber :