Home » Kesehatan » Data 1 tahun terakhir, warga pengidap TB di Jakarta capai 37 ribu lebih

Data 1 tahun terakhir, warga pengidap TB di Jakarta capai 37 ribu lebih

Senin, 14 Mei 2018 22:20:08 - Dibaca : 35

Merdeka.com - Sebanyak 37.716 warga DKI Jakarta mengidap Tuberkulosis (TB) dalam setahun terakhir. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menargetkan angka tersebut terus ditekan sehingga pada 2030, Jakarta bebas TB. BERITA TERKAIT

Untuk mewujudkan hal itu, Anies meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bekerja keras. Salah satunya Dinas Kesehatan untuk meraihnya cita-cita tersebut.

"Jakarta memiliki sumber daya yang cukup untuk bisa menjadikan ibukota bebas dari TBC. Oleh karena itu sesuai kemauan kita," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, setiap hari setidaknya ada 3 sampai 4 juta orang keluar-masuk DKI Jakarta. Di mana, lanjut Koesmedi, jarak mulut dengan mulut tidak sampai 20 cm. Itu berarti sangat riskan seseorang tertular TB.

"Kita bisa bayangkan kalau satu orang penderita TBC di dalam satu kumpulan bisa mengeluarkan 10 sampai 15 orang maka 1 jam kita naik kendaraan yang penuh itu kira-kira bagaimana potensi penularannya," papar dia.

Karenanya, Dinas Kesehatan akan membuat program yang diberinama "Gerebek TB".

"Jadi saya berharap apabila ada masyarakat menemukan atau mencurigai orang yang menderita TBC silakan dilaporkan ke Puskesmas atau hubungi ke WhatsApp. Nanti petugas kita yang akan turun ke lapangan untuk menyelesaikan masalah tersebut termasuk penularannya kepada keluarganya kepada teman-teman di sekolah atau di tempat kerja," papar dia.

Saat ini, ada 37.716 penderita TB. Wilayah Jakarta Barat pun menduduki teratas. "Daerah yang banyak TB yaitu padat penduduk. Jakarta Barat di Cengkareng," ujar dia.

Tetapi, Koesmedi meyakini jika Gerebek TB berhasil maka Indonesia 2030 bebas TB akan terwujud. "Insya Allah TBC bisa kita eliminasi dari Jakarta," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [lia]

Baca Juga:
Waspadai, 6 penyakit ini menular lewat mulut!RI tertinggi kedua, Mendagri minta daerah anggarkan pencegahan TBCPenderita TB di Jatim terbanyak setelah JabarAhok bidik rusun & kampung deret basmi TuberkulosisTuberkulosis: Gejala dan siapa yang berisiko terinfeksi!Menkes Nila sosialisasikan bahaya tuberkulosis di Car Free DayAisyiyah kurangi penderita tuberkulosis dengan gerakan ketuk pintu Waspadai, 6 penyakit ini menular lewat mulut! RI tertinggi kedua, Mendagri minta daerah anggarkan pencegahan TBC Penderita TB di Jatim terbanyak setelah Jabar Ahok bidik rusun & kampung deret basmi Tuberkulosis
Tuberkulosis: Gejala dan siapa yang berisiko terinfeksi! Menkes Nila sosialisasikan bahaya tuberkulosis di Car Free Day Aisyiyah kurangi penderita tuberkulosis dengan gerakan ketuk pintu Cegah Tuberkulosis dengan cara ini!

Topik berita Terkait:
  1. Tuberkulosis
  2. Anies Baswedan
  3. Anies Sandiaga
  4. Pemprov DKI
  5. Jakarta

Berikan Komentar

Komentar Pembaca

Sumber :