Home » MotoGP » Marc Marquez Kian Superior

Marc Marquez Kian Superior

Senin, 14 Juli 2014 08:42:54 - Dibaca : 4317

Marc Marquez Kian Superior

SACHSENRING – Dominasi pebalap Repsol Honda Marc Marquez di pentas MotoGP musim 2014 makin menjadi. Menggelar seri balap (grand prix/GP) kesembilan atau separuh dari total seri balap yang dijadwalkan MotoGP musim ini di Jerman, gelar juara lagi-lagi dimenangi Marquez.

Pebalap berkebangsaan Spanyol itu menuntaskan GP Jerman selama 30 putaran Sirkuit Sanchsenring, Minggu (13/7), dengan catatan waktu 41 menit 47,664 detik. Unggul 1,446 detik atas rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang harus puas menempati posisi kedua.

Sementara posisi ketiga menjadi milik pebalap Yamaha Movistar Jorge Lorenzo. “Saat memutuskan masuk pit untuk mengganti motor dan melepas posisi start paling depan, jujur saya sama sekali tidak membayangkan jalannya balapan akan seperti ini. Saya sempat gugup juga, karena ini merupakan pertama kali saya harus memulai balapan dari pit lane bersama 13 pebalap lainnya,” papar Marquez seusai balapan, dilansir Star Sports.

“Namun, seiring jalannya balapan, saya mulai bisa menikmati lomba dan merasa nyaman dengan setelan motor saya. Saya pun kemudian berani untuk menyusul pebalap-pebalap di depan saya, termasuk Bradl, yang ada di posisi paling depan,” sambung pebalap berusia 21 tahun yang usai melintasi garis finis memilih merayakan kemenangannya dengan menyalakan kembang api di area gravel yang berada di sisi kanan lintasan Sanchsenring.

Di awal, balapan sempat diperkirakan bakal berlangsung menarik. Menyusul ‘pindahnya’ garis start bagi 14 pebalap, termasuk pemegang pole position, Marquez, yang seusai menjalani lap pemanasan memilih masuk ke pit dan mengganti tunggangannya dengan sepeda motor berban basah lantaran rintik hujan sempat turun jelang balapan MotoGP dimulai.

Namun, prediksi ini tidak berjalan sesuai ekspetasi. Sempat dipimpin Stefan Bradl dengan jarak sampai 7 detik, balapan berbalik datar setelah Marquez, Pedrosa, Lorenzo, dan pebalap-pebalap unggulan lainnya berhasil menyalipnya secara berurutan mulai dari putaran ketujuh sampai putaran ke-11.

Hasilnya pun mudah ditebak. Marquez keluar sebagai juara, sementara dua posisi podium tersisa diisi secara bergantian oleh pesaing-pesaingnya. Pada GP Jerman kemarin, dua posisi tersebut menjadi milik Pedrosa dan Lorenzo.

Berbekal kemenangan kesembilan beruntun ini, Marquez kian membetonkan posisinya di puncak klasemen sementara pebalap dengan raupan 225 poin. Sementara Pedrosa, berada di peringkat kedua dengan koleksi 148 poin, disusul pebalap Yamaha Movistar Valentino Rossi di peringkat ketiga.

Sampai seri balap kesembilan, Rossi, yang merupakan legenda hidup MotoGP ini, mampu mengumpulkan 141 poin. 44 angka lebih banyak ketimbang rekan setimnya, Lorenzo, yang kini menempati posisi kelima. Sementara di antara Rossi dan Lorenzo, terdapat nama pebalap Ducati Andrea Dovizioso dengan raihan 99 poin.

Dengan sisa sembilan seri balap lagi, peluang Marquez mengulang prestasi semusim lalu, sebagai Juara Dunia MotoGP, semakin terbuka lebar. Apalagi, sejauh ini, selisih perolehan poin antara dirinya dengan para kompetitornya cukup jauh.(fay)

Sumber :